Sunday, December 18, 2016

Tentang tabung argon

Argon, gas
Dikenal karena kemurnian kimianya, pada suhu yang tinggi.
Argon dipergunakan untuk pengelasan, sebagai gas pelindung.
Argon, baik murni maupun mengandung sedikit karbon dioksida, oksigen, hidrogen dan helium, banyak dipergunakan sebagai gas pelindung dalam aplikasi pengelasan terhadap baja karbon dan steinless, aluminium, magnesium, dan sebagainya.

SPESIFIKASI
Argon > 99,95%

DATA FISIK
Simbol Kimia Ar
Titik Didih -185,9 ° C
Berat Jenis Relatif (Udara = 1) 1.4
Berat Molekul 40
Suhu Kritis -122,4 ° C
Berat Jenis Gas (@101,3 kPa & 15 °C) 1,78 kg/m 3
Berat Jenis Cairan (B.Pt.) 1393 kg/m 3
Isi spesifik (@101,3 kPa & 15 °C) 0,591 m 3 /kg
Titik Api Tidak terbakar

SIFAT - SIFAT
Argon tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa, mudah larut dalam air, dan bukan gas yang mudah terbakar.

PENGGUNAAN
Dikenal karena kemurnian kimianya, pada suhu yang tinggi argon dipergunakan untuk pengelasan, sebagai gas pelindung.
Argon, baik murni maupun mengandung sedikit karbon dioksida, oksigen, hidrogen dan helium, banyak dipergunakan sebagai gas pelindung dalam aplikasi pengelasan terhadap baja karbon dan steinless, aluminium, magnesium, dan sebagainya.
Argon juga dipergunakan di bidang metalurgi untuk pengolahan panas sistem gas proteksi, khususnya untuk memperkuat baja yang banyak mengandung karbon, dimana dekarburisasi harus dihindari.
Argon bertindak sebagai gas pembawa silane pada pergantian komposisi silikon. Argon dipergunakan di industri besi dan baja dengan cara-cara sebagai berikut :
dengan mempergunakan cairan argon, argon mencegah oksidasi dari baja cair dan akan berlangsung proses pengurangan belerang dan gas-gas di dalam cairan baja
Pada bidang lampu listrik, argon dipergunakan untuk mengisi :
bola lampu pijar
tabung lampu pospor, dalam campuran dengan neon, helium dan gas merkuri.
tabung lampu radio thyratron, dalam campuran dengan neon.
Argon juga digunakan sebagai gas pembawa dalam kromatografi. Dicampur dengan metan, argon dipakai untuk membersihkan Geiger-Muller counter untuk deteksi sinar X dan sinar gamma. Peralatan ini dipergunakan untuk memonitor radiasi nuklir dan untuk analisa spektrum yang dipancarkan oleh alat analisa sinar X.

BAHAYA-BAHAYA
Bila argon menggantikan oksigen diudara dapat menyebabkan sesak napas karena udara yang mengandung oksigen kurang dari 16% sangat berbahaya.

PENANGANAN DAN PENYIMPANAN SILINDER
Silinder harus disimpan secara vertikal ditempat yang sejuk dan berventilasi, jauh dari sumber-sumber panas atau material yang mudah terbakar. Lindungi silinder, terutama bagian krannya, dari kerusakan fisik baik dalam keadaan isi atau kosong. Jangan biarkan bagian manapun dari silinder itu terkena panas di atas 55 0 C. Periksa apakah silinder-silinder telah berlabel. Jaga agar outlet terpasang pada tempatnya untuk silinder yang terisi penuh. Tutuplah kran jika silinder dalam keadaan kosong.

KETAHANAN MATERIAL
Argon tidak menyebabkan karat sehingga semua jenis metal dapat dipergunakan, asalkan peralatan dirancang untuk tahan terhadap proses tekanan dan suhu rendah.

KEBOCORAN SILINDER
Pindahkan ke tempat yang berventilasi baik.
Hentikan kebocoran bila memungkinkan.
Kosongkan tempat-tempat dari arah pergerakan gas.
Bila kebocoran tidak dapat dihentikan, pindahkan silinder ke tempat yang aman dan biarkan sampai menjadi kosong.
PENCEGAHAN SEBELUM DIGUNAKAN
Gunakan hanya pada ruangan yang berventilasi untuk menghindari berakumulasinya argon yang berkonsentrasi tinggi. Pastikan bahwa kandungan oksigen di ruangan terjaga di atas 18%.
PERLINDUNGAN PRIBADI
Orang-orang yang secara teratur berhubungan dengan pemindahan silinder gas harus dilengkapi dengan :
sepatu safety
sarung tangan kulit atau PVC
Pakaian kerja
dan kacamata pengaman juga dianjurkan.
KEBAKARAN
Argon tidak memperbesar pembakaran. Pindahkan silinder-silinder yang secara tidak langsung terpengaruh api. Dinginkan silinder-silinder dengan air yang diambil dari tempat yang terlindungi. Jika silinder tidak dapat didinginkan, kosongkan daerah tersebu

SIAP ANTAR UNTUK YANG DEKAT

BELI ONLINE (MARKETPLACE) - AMBIL DI TOKO

SIAP KIRIM UNTUK YANG JAUH